Pelatihan Dan Pembekalan Pengendalian Kebakaran Hutan PT. Woyla Aceh Minerals (PT. WAM)

 



PIDIE,(SHR)Manggala Agni Daops Sumatera I / Sibolangit telah menyelesaikan Pelatihan Dasar Dalkarhutla di PT. Woyla Aceh Minerals (WAM), Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Kamis (27/7/2023).

Pelatihan Dasar Dalkarhutla di PT. WAM ini berlangsung selama enam hari sejak tanggal 22 - 27 Juli 2023. Pelatihan dasar dalkarhutla di perusahaan bidang pertambangan merupakan yang pertama bagi kedua pihak. Peserta pelatihan berasal dari karyawan perusahaan dan masyarakat sekitar perusahaan.

Kegiatan pelatihan ini diinisiasi oleh Manajemen PT. Woyla Aceh Minerals (PT. WAM) dan dibuka langsung oleh Kepala KPH Wilayah I Aceh (Bapak T. Kamaruzzaman Syah, S.Hut., M.P.) yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Geumpang Kabupaten Pidie Provinsi Aceh.

Kegiatan pelatihan diawali dengan penyampaian materi teori di dalam ruangan dan dilanjutkan materi praktek di luar ruangan.

Setelah berakhirnya materi praktek di hari terakhir, selanjutnya kegiatan pelatihan diakhiri dan ditutup pada hari keenam.

Acara penutupan pelatihan di hadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Pidie, perwakilan dan panitia PT. Woyla Aceh Minerals (WAM), Kepala Daops Sumatera I/Sibolangit, instruktur dari Daops Sumatera I/Sibolangit, serta peserta pelatihan. 

"Seluruh peserta dilatih oleh tim Mangggala Agni Daops Sumatera I / Sibolangit. Semoga seluruh peserta yang sudah dilatih bisa menerapkan ilmu yang telah didapat pada saat pelatihan utk diaplikasikan di lapangan apabila nanti ada karhutla di kab. Pidie dan sekitarnya” harapnya Irwan A. Sitanggang, S.Hut (Kepala Daops Sumatera I/Sibolangit).

Project Manager PT. Woyla Aceh Minerals (WAM), Bapak Irkamni, mengatakan "Kita tidak menghendaki kejadian kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla), namun kita bisa mencegah karhutla dengan ilmu yang sudah kita pelajari", ucapnya.

Bapak Samsuar M. Jamil, selaku panitia, juga mengatakan "Tingkat kehadiran dan antusias peserta sangat tinggi dan di luar perkiraan kami", ungkapnya.

Tujuan dari pelatihan ini, untuk memberikan pemahaman dari sisi regulasi dan kondisi terkini karhutla, meningkatkan kemampuan peserta dalam pencegahan, pemadaman, penanganan dan untuk membentuk tim yang sigap terhadap bencana kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla).

Kabid Pengendalian Pencemaran Lingkungan Murdani, mewakili Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pidie mengatakan "Dengan terbentuknya Brigade Dalkarhutla ini, dapat membantu jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla)", tuturnya.

Kepala Daops Manggala Agni Sumatera I/Sibolangit Irwan A. Sitanggang, S.Hut sangat mengapresiasi semangat dan antusias peserta dan saya juga berharap jika terjadi karhutla di Kabupaten Pidie, Brigade Dalkarhutla yang telah terbentuk dapat di Bawah Kendali Operasi (BKO) kan dalam penanganannya.

"Beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut  adalah  kebijakan pengendalian karhutla, teori dasar karhutla, pencegahan karhutla, peringatan dan deteksi dini karhutla, peralatan pemadaman, teknik dan strategi penanggulangan karhutla, sandi penanggulangan karhutla, praktik penggunaan peralatan pemadaman karhutla, praktik sistem komando pemadaman, groundcheck informasi hotspot, strategi pemadaman karhutla, dan terakhir simulasi pemadaman", tutupnya.(Tim)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.