Rapat Kordinasi Pembentukan Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) Manggala Agni Daops Sumatera I/Sibolangit

 


KARO,(SHR)Pemerintah Kabupaten Karo menggelar Rapat Pembentukan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) di ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara, Senin (24/7/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Karo Drs.K.Terkelin Purba,M.Si mengatakan bahwa dibutuhkan sinergitas antar pemangku kepentingan dalam upaya menanggulangi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla).

"Seluruh pemangku kepentingan diharapkan dapat saling bersinergi dan berkesinambungan dalam menanggulangi masalah bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) di Kabupaten Karo ini," ujarnya, saat memimpin Rapat Koordinasi Pembentukan Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di ruang aula rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Karo. 

Menurut Terkelin, bentuk sinergitas itu juga sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap upaya antisipasi penanggulangan bencana karhutla. Mulai dari bentuk sinergitas manajemen hingga persoalan teknis di lapangan.

Pada kesempatan rapat kordinasi (rakor) hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Kodim 0205/TK, Polres Tanah Karo, KPH XV Wilayah Kabanjahe, Manggala Agni Daops Sumatera I/Sibolangit, Dinas PU dan Tata Ruang, Dinas Perukim Serta Pertanahan, Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanian, Dinas Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pembangunan, BPBD Kabupaten Karo, Dinas Kehutanan, Kabag Hukum, Camat Merek, Camat Juhar, Camat Lau Baleng, Camat Tiga Binanga.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara Drs.K.Terkelin Purba,M.Si menyebut penyelenggaraan rakor itu sebagai bentuk sinergitas untuk meningkatkan semangat kesiapsiagaan penanggulangan bencana asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla).

"Memadamkan api memerlukan biaya besar. Untuk itu pemantauan dan patroli harus terus ditingkatkan. Pemerintah telah menyiapkan Dana Siap Pakai  (DSP) yang dapat digunakan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat di daerah rawan karhutla," ucapnya.

Dengan pembentukan Satgas Siaga Darurat Bencana Asap, gelar personil dan peralatan serta penindakan dalam upaya pencegahan karhutla, diharapkan dapat menurunkan potensi kejadian karhutla di Kabupaten Karo.(Tim)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.