STIM Sukma Kembali Gelar Sukma Entrepreneur Day in Campus (SEDIC), Semangat Menemukan Bakat dan Entrepreneur Muda Baru

 


Medan,(SHR)– Sukma Entrepreneur Day in Campus (SEDIC) 2023 pun akhirnya digelar pada Jum’at (23/06/2023) di kampus STIM Sukma Medan. Diawali dengan penyampaian doa dan Tari Persembahan Melayu Makan Sirih oleh mahasiswa/i berprestasi STIM Sukma Medan, acara secara resmi dibuka oleh Ibu Dr. Cici Wardayani, S.E, M.Si, Ketua STIM Sukma Medan dengan prosesi pengguntingan pita dan tepuk tangan yang meriah, dipersaksikan ratusan mata yang hadir di acara. Tampak hadir sejumlah undangan, diantaranya perwakilan dari Hotel Grand Mercure Medan yang melakukan MoU dengan kampus usai Ibu Ketua menyampaikan kata sambutan. para undangan acara yang hadir.



Sebuah harapan disampaikan Dr. Wardayani, S.E, M. Si atau biasa disapa Cici dalam kata sambutannya, agar SEDIC menjadi media pembelajaran kewirausahaan yang diikuti mahasiswa/i kampus STIM Sukma Medan tidak hanya demi memenuhi nilai saja tetapi terus berlanjut dan dilanjutkan, mengingat kewirausahaan atau UMKM saat ini benar-benar telah menjadi fokus semua, baik oleh pemerintah, swasta, BUMN maupun institusi pendidikan, dan kampus STIM Sukma Medan pasti mendukung segala hal yang berkaitan dengan kewirausahaan mahasiswapreneur ini, sehingga jangan patah semangat ketika menemukan kendala, terus dan terus mencoba.

“Kegiatan Sukma Entreprenuer Day in Campus (SEDiC) 2023 kali ini memiliki hal yang berbeda dari tahun lalu, hal ini dikarenakan pada tahun ini STIM Sukma memenangkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) untuk Prodi maupun Institusi, dimana melalui hibah ini diharapkan STIM Sukma mampu mendorong pengembangan inovasi Perguruan Tinggi di bidang pembelajaran dengan menerapkan kebijakan Kampus Merdeka agar secara langsung meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran di STIM Sukma, oleh karena itu, kegiatan SEDiC 2023 ini diselaraskan dengan program dan kegiatan yang telah dirancang dalam proposal Hibah PKKM yang telah dimenangkan yaitu Peningkatan Graduate Employabilitas di Era Kompetisi Global serta Implementasi Sukma Berbakti untuk Negeri, sehingga dengan adanya kegiatan SEDiC 2023 ini menjadi inkubasi kegiatan pembelajaran mahasiswa di luar kampus terutama terkait dengan kewirausahaan, dan secara kolaboratif terjalin hubungan yang erat antara mitra dengan Sekolah Tinggi STIM Sukma,” terang Wardayani.

Bertindak sebagai Ketua Acara SEDIC yang bertema Menumbuhkembangkan jiwa Entrepreneurship Milenial yang kreatif, inovatif dan kreatif yang memiliki manajemen softskill yang mandiri, adalah Rizky Abdillah, mahasiswa manajemen jurusan pariwisata semester 6 yang dalam laporannya menyebutkan ada 37 stand bazar dan 136 mahasiswa/i yang menjadi peserta bazar dengan sejumlah sponsor acara diantaranya Alfa Midi, Biznet, Smartfren, Hotel Grand Mercure Medan, PT. Indofood Fritolay Makmur (Chiki), Natamagazine, dan Bank Bukopin Syariah yang turut meramaikan kegiatan SEDIC 2023. Dan tema SEDIC 2023.

Sementara itu, Riandani Rezki Prana, S.E.I, M. Si, penanggung jawab kegiatan SEDIC 2023, Kepala Pengembangan Bisnis dan Entrepreneur (PB&E) STIM Sukma dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kesempatan ini diberikan seluas-luasnya kepada anak muda Kota Medan dalam berkreasi dan berkompetisi, meski hanya saja untuk kegiatan bazar hanya berlaku untuk mahasiswa/i semester 4 setiap tahunnya sebagai wadah dan peminatan mereka terhadap dunia usaha, bekal mereka ketika tamat kuliah, sebab sejak usia muda sudah dibekali ilmu tentang kewirausahaan, tips dan bagaimana memulai persiapan sebuah usaha, izin, pemasaran dan pengaturan keuangan dan SEDIC menjadi sarana bagi mahasiswa/i menimplementasi mata kuliah kewirausahaan yang dipelajari di kampus, serta SEDIC juga menjadi ajang seleksi program Hibah PKKM Kewirausahaan dan IKU 2, 3 terbaik peserta bazar terbaik akan memperoleh bantuan hibah tersebut dan pendampingan dari kampus yang baru-baru ini memperoleh dana hibah dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Digelar selama dua hari, mulai dari Jumat 23 Juni 2023 s/d Sabtu 24 Juni 2023 di halaman kampus  yang beralamat di Jalan Sakti Lubis No. 80 Medan, SEDIC menampilkan sejumlah kegiatan bazaar kewirausahaan hasil kreasi kreatif inovatif mahasiswa/i semester 4 dan perlombaan-perlombaan diantaranya Fun Micktail Competition, Cosplay Contest, Singing Contest dan Tradisional Dance Competition. Sukma Entrepreneur Day in Campus (SEDIC) menjadi ajang kreativitas kewirausahaan dan seni kaum millenial dalam berkreasi dan berkesenian.

“Selamat dan sukses acara SEDIC 2023, bulan Juni menjadi bulan full of activity kampus STIM Sukma Medan, bulan dimana STIM Sukma didirikan pada 9 Juni lalu yang dirayakan dengan sejumlah kegiatan, diantaranya kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, lalu dilanjutkan dengan kegiatan aksi lingkungan AYO BERGIBAH, Ayo Bergiat Bersih Sampah di Kawasan Heritage Kesawan Medan, yang merupakan bagian dari Program Sukma Cinta Alam dan Lingkungan (SUCITA) dan sekarang selama dua hari penyelenggaraan, yaitu SEDIC, sebagai wadah mahasiswapreneur dalam berwirausaha mendukung program Sukma Dukung Entrepreneur dan Kewirausahaan (SUDEWIRA), juga menjadi ajang apresiasi dan ekspresi generasi muda Kota Medan dan sekitarnya melalui perlombaan positif agar jauh dari narkoba, ayo kuliah di STIM Sukma Medan dengan biaya kuliah murah dan waktu kuliah yang bisa online, akan ada banyak kegiatan yang dilakukan jadi segera daftar ke http://www.pmb.stimsukmamedan.ac.id,” ucap Yan Djuna, praktisi pariwisata dan ekonomi kreatif yang di STIM Sukma bertindak sebagai Staf Ahli Non Akademik.

(Tim)

Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.