Lakukan Asesmen, LPKA Palu Maksimalkan Peran Wali Pemasyarakatan



Palu - ,(SHR) Lembaga Pembinaan Khusus Anak(LPKA) Kelas II Palu maksimalkan peran wali/pengasuh pemasyarakatan salah satunya dengan melakukan asesmen terhadap anak binaannya, Selasa (11/06/24) siang.

Bertempat di Ruang Kerjanya, Kasubsi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan (Bimkemas), Henny, turun langsung untuk melakukan asesmen terhadap anak an. MW.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan secara humanis. Tujuannya adalah agar terjalin ikatan antara petugas dengan Anak, sehingga dengan demikian Anak dapat merasa nyaman dalam melaksanakan kegiatan di LPKA. 

Asesmen terhadap anak binaan maupun anak sebagai langkah awal untuk mengetahui tingkat kebutuhan sesuai minat dan bakatnya. Dengan implementasi berdasarkan Permenkumham Nomor: M.01.PK.04.10 Tahun 2007 tentang Wali Pemasyarakatan dan Permenkumham RI Nomor 35 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, diharapkan anak binaan mendapatkan kegiatan produktif yang dapat membawa perubahan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

“Peran aktif Wali Pemasyarakatan sangat penting untuk bisa memonitoring setiap kegiatan pembinaan yang diberikan kepada anak binaan. Perkembangan pembinaan juga sebagai penilaian perilaku mereka yang nantinya dipakai sebagai salah satu syarat dalam pemenuhan hak-hak integrasi anak binaan,” jelas Henny.

Sementara itu Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, mengatakan bahwa asesmen terhadap anak binaan harus segera dilakukan karena ini berkaitan dengan pemenuhan hak-hak integrasi anak hingga pemenuhan pada program pembinaan yang wajib diikuti oleh setiap anak binaan.

“Pelaksanaan asesmen ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Anak Binaan agar setiap pengusulan integrasi dalam pelaksanaan litmas harus dilaksanakan tepat waktu sehingga tidak ada anak yang terlambat untuk mendapat usulan integrasinya” ujar Revanda.

Di tempat berbeda, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar menyampaikan terima kasih atas peran aktif para wali pengasuh di LPKA Palu karena terus memberikan pendampingan kepada anak binaan guna mendukung tumbuh kembangnya.

"Laksanakan sesuai aturan yang ada, mari bersama ciptakan generasi muda yang siap membangun daerah semakin maju," pungkas Kakanwil Hermansyah

Diharapkan melalui optimaliasi peran wali/pengasuh pemasyarakatan di LPKA Palu dapat mewujudkan generesi muda yang hebat dan unggul serta siap memajukan daerah.(Ceria)
Share on Google Plus

About swarahatirakyat

Media Online
www.SwaraHatiRakyat.Com
"Menyuarakan Hati untuk Kebenaran"
Telp.Redaksi : 0813-9764-0276

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.